Kunjungan Belajar Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga Bangladesh

By On Senin, Pebruari 27 th, 2017 · no Comments · In

Pada hari Senin, 16 Januari 2017 yang lalu, Delegasi Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga Bangladesh berkunjung ke LD dalam rangka Pelatihan “Pengelolaan Program KB di Indonesia”. Tim yang berkunjung terdiri dari 9 orang Direktur dan Staf.

Peneliti senior LD FEB UI, Ibu Ayke Soraya Kiting, S.E., M.Sc. dan Ibu Omas Bulan Samosir, Ph.D. memaparkan sejarah, pencapaian, dan tantangan program KB di Indonesia. Dalam beberapa dekade terakhir, tingkat fertilitas (TFR) di Indonesia ternyata lebih rendah dari “family size” yang ideal. Pola fertilitas perempuan di Indonesia juga bergeser dari 20-24 menjadi 25-29. Artinya, perempuan masa kini memiliki anak pada usia yang lebih tua. Dengan jumlah anak yang lebih sedikit, beban pemerintah menjadi lebih ringan dalam pembiayaan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat miskin. Perempuan Indonesia masa kini juga memiliki kesempatan lebih panjang untuk berpartisipasi di pasar kerja sehingga memiliki anak di usia lebih tua.  

Tim Kunjungan dari Bangladesh juga terlibat dalam diskusi aktif mengenai program KB di Indonesia. Selain mengunjungi LD FEB UI, mereka juga mengunjungi kantor BKKBN Pusat. 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *