Profil LD

Sejarah

Sekilas Tentang Lembaga Demografi FEB UI

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) didirikan pada 1 Agustus 1964 untuk menjawab pengaruh jumlah, komposisi dan pertumbuhan penduduk terhadap pembangunan nasional di Indonesia. Para pendiri LD FEB UI mempunyai visi ke depan bahwa aspek demografi atau kependudukan merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dimasukkan dalam model pembangunan, khususnya di negara yang sedang berkembang. Pemikiran di bidang demografi dipadukan dalam kebijakan pembangunan ekonomi yang sedang dilakukan oleh pemerintah untuk membuat rencana pembangunan jangka panjang.

Karenanya, dapat dikatakan bahwa LD FEB UI merupakan salah satu lembaga pertama dan pelopor yang membahas isu-isu kependudukan dikaitkan dengan pembangunan di Indonesia, sejak dasawarsa enampuluhan. Para pendiri LD FEB UI adalah Widjojo Nitisastro, N. Iskandar, Kartomo Wirosoehardjo, dan Kartono Gunawan. 

Melalui pengalaman yang panjang tersebut, LD FEB UI telah membuktikan mampu memberikan sumbangan pemikiran nyata di bidang kependudukan, khususnya berupa pemikiran ilmiah dan penelitian, untuk mempercepat pembangunan di Indonesia. Sejak dimulainya Repelita I (1969-1974), LD FEB UI telah membantu pemerintah dalam membuat Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan GBHN. Bidang-bidang yang menjadi kajian pada saat itu antara lain Fertilitas dan Mortalitas, pengendalian penduduk melalui Keluarga Berencana oleh Pemerintah (BKKBN), Migrasi dan Transmigrasi, Perencanaan Ketenagakerjaan, Kesehatan, Pendidikan, dan Kebijakan Kependudukan. 

Mengikuti perpindahan kampus Fakultas Ekonomi (kini disebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Lembaga Demografi yang awalnya berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat kini berlokasi di Kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.